Senin, 08 Agustus 2011

Apa saja MANFAAT PUASA???


Puasa memiliki beberapa manfaat, ditinjau dari segi kejiwaan,                                                                         sosial dan kesehatan, di antaranya:
                   Segi kejiwaan
  • Membiasakan kesabaran, , mengajari dan membantu bagaimana menguasai diri, serta mewujudkan dan membentuk ketaqwaan yang kokoh dalam diri.
Segi sosial
  • Membiasakan umat berlaku disiplin, bersatu, cinta keadilan dan persamaan, juga melahirkan perasaan kasih sayang dalam diri orang-orang beriman dan mendorong mereka berbuat kebajikan.
Segi kesehatan
  • Membersihkan usus-usus, memperbaiki kerja pencernaan, membersihkan tubuh dari sisa-sisa dan endapan makanan, mengurangi kegemukan dan kelebihan lemak di perut.
THE OTHER ADVANTAGES OF FASTING
  • Mengosongkan hati hanya untuk berfikir dan berdzikir. Sebaliknya, jika berbagai nafsu syahwat itu dituruti maka bisa mengeraskan dan membutakan hati, dan akan menghalangi hati untuk berdzikir dan berfikir, sehingga membuat lengah.
  • Orang kaya menjadi tahu seberapa nikmat Allah atas dirinya. Allah memberikan karunia nikmat tak terhingga, pada saat yang sama banyak orang-orang miskin tak mendapatkan sisa-sisa makanan, minuman. Hal tersebut mengharuskannya mensyukuri nikmat Allah atas dirinya berupa serba kecukupan, juga akan menjadikannya berbelas kasih kepada saudaranya yang memerlukan, dan mendorongnya untuk membantu mereka.
  • Mempersempit jalan aliran darah yang merupakan jalan setan pada diri anak Adam. Karena setan masuk ke anak Adam melalui jalan aliran darah. Dengan berpuasa,maka akan aman dari gangguan setan, kekuatan nafsu syahwat dan kemarahan. 

    0 komentar:

    Posting Komentar